Menciptakan Pebelajaran yang Menyenangkan

 

BAB  I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Kesan yang selama ini terjadi bahwa siswa sering menjadi objek yang dipersalahkan ketika tidak mampu menyerap pelajaran. Sehingga berbagai predikat pun selalu diberikan kepada siswa misalnya pemalas, tidak memperhatikan pejelasan guru, nakal, bodoh, dan lain-lain. Padahal boleh jadi penyebab ketidakmampuan siswa dalam menyerap pelajaran yang diberikan bermula dari proses pembelajaran yang tidak menarik dan membosankan. Sebagai akibatnya siswa menjadi malas dan tidak tertarik terhadap materi yang disampaikan.

Sebuah pernyataan yang patut menjadi renungan bagi para guru adalah  sesungguhnya tidak ada mata pelajaran yang membosankan, yang ada adalah guru yang membosankan, suasana belajar yang membosankan. Hal ini terjadi karena proses belajarberlangsung secara monoton dan merupakan proses perulangan dari itu ke itu juga tiada variasi.

Beranjak dari hal tersebut, sudah saatnya guru untuk merubah paradigma mengajar yang masih bersifat teacher-centred menjadi stundent-centred yang menyenangkan. Apa lagi hal tersebut memang sudah diamanatkan Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sisdiknas dan Peraturan Pemerintah No.19 tentang standar pendidikan nasional.

Oleh karena itu, maka didalam makalah ini akan kami kemukakan sedikit tentang bagaimana kiat-kiat  yang bisa kita terapkan agar pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan menyenangkan bagi peserta didik.

B.     Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan ini adalah untuk menjelaskan bagaimana kiat menciptakan pembelajran yang menyenangkan, selain itu makalah ini sengaja kami tulis untuk memenuhi salah tugas dalam mata kuliah etika dan profesi keguruan yang dibimbing oleh bapak Drs. Aminuddin Syam, M.Pd.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: